Janji Chaidir Syam Saat Jadi Bupati Maros: Pelajar Tak Perlu Lagi ke Bukit Demi Belajar Online

Hatikita Keren Maros 2020

HATIKITA KEREN MAROS 2020 — Calon Bupati Maros, Chaidir Syam dan calon Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari setiap hari silaturahmi dengan warga.

Pasangan nomor urut 2 di Pilkada Maros ini juga rutin mengunjungi kampung dan dusun, masuk ke wilayah pegunungan.

Kali ini ada hal lain ditunjukkan Chaidir Syam saat sedang perjalanan, di antaranya menemui pelajar.

Ia berhenti di tengah perjalanan saat melihat tiga siswa SMP sedang belajar online di bukit. Pemandangan itu terjadi di Dusun Lembang Desa Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

“Saat di tengah perjalanan menuju Dusun Lembang Desa Samanggi, kami melihat tiga siswa SMP yang sedang belajar online dari satu bukit,” ujarnya, Rabu (14/10/2020).

Ia mengajak siswa itu berbincang dan menanyakan alasan belajar di bukit. Mereka menjawab, menuju bukit untuk belajar online, sebenarnya terpaksa.

Pasalnya, di rumahnya tak ada jaringan atau sinyal untuk proses belajar online.

“Setelah berbincang dengan anak-anak tersebut ternyata sinyal jaringan data hanya bisa diakses dari bukit itu,” lanjutnya.

Mendengar keterangan dari siswa, Chaidir Syam berjanji akan membangun jaringan internet jika sudah duduk di kursi Bupati Maros.

Internet yang akan dibangun akan menjangkau semua wilayah Maros.

“Ini PR kami jika kelak diberikan amanah. Memastikan jaringan internet bisa diakses di semua kecamatan yang ada di Maros,” ucapnya.

Program yang ditawarakan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari dengan memberikan akses internet gratis untuk proses belajar-mengajar bukan sekadar janji.

Terkait program internet ini, sebelumnya, Hatikita Keren menunjukkan komitmennya membuat co-working space atau ruang belajar bersama dengan akses gratis internet di tengah kota Turikale Kabupaten Maros.

Co-working space tersebut merupakan pilot project program penyediaan internet pada seluruh kecamatan di Kabupaten Maros. Bahkan ada rencana menjadi program setiap desa dan kelurahan.

Untuk diketahui, selain sosialisasi, Chaidir Syam selalu mengunjungi warga Maros yang terkena musibah, bahkan sampai di daerah pedalaman.

Seperti yang dilakukannya saat di Dusun Damma Desa Bontomatinggi Kecamatan Tompobulu. Ia datang melihat kondisi keluarga Dg Baji, korban kebakaran beberapa waktu lalu.

“Insya Allah kami akan selalu hadir meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah. Prinsip yang kami selalu pegang adalah Allah senantiasa menolong seorang hamba, selama hamba tersebut menolong saudara-saudaranya yang lain. Dari prinsip di atas, bahwa jika kita ingin selalu pertolongan Allah hadir untuk kita. Seharusnya kita juga harus selalu hadir jika saudara atau kerabat kita membetuhkan,” ungkapnya. (*)